<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran\r\nBernuansa Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan SelfEfficacy\r\n\r\nSiswa Kelas IV SD"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen pembelajaran\r\nbernuansa cerita rakyat yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan\r\nsosial serta self-efficacy siswa kelas IV sekolah dasar. \r\nPenelitian pengembangan ini mengacu pada 10 langkah yang dikemukakan\r\noleh Borg & Gall (1983: 775-776). Subjek uji coba lapangan awal sebanyak enam\r\nsiswa kelas IV SD N 5 Kutosari. Subjek uji coba lapangan utama sebanyak 12\r\nsiswa kelas IV SD N 2 Bumirejo dan 12 siswa kelas IV SD N 4 Bumirejo. Subjek\r\nuji coba lapangan operasional terdiri dari 41 siswa kelas IV SD N 4 Kutosari dan\r\n33 siswa kelas IV SD N 2 Kutosari sebagai kelas eksperimen serta 28 siswa kelas\r\nIV SD N 7 Kutosari sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan\r\nangket penilaian terhadap buku suplemen pembelajaran untuk ahli materi, ahli\r\nbahasa, dan ahli media; angket respon guru; angket respon siswa; dan skala\r\npenilaian keterampilan sosial dan self-efficacy siswa. Analisis data menggunakan\r\nuji Manova dengan taraf signifikansi 5%. \r\nPenelitian pengembangan ini menghasilkan buku suplemen pembelajaran\r\nbernuansa cerita rakyat yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi,\r\nahli bahasa, serta ahli media dan hasil uji coba awal dan uji coba lapangan utama.\r\nBuku suplemen yang dikembangkan tersebut juga efektif untuk meningkatkan\r\nketerampilan sosial dan self-efficacy siswa. Keefektifan didasarkan pada hasil uji\r\ncoba lapangan operasional yang menunjukkan taraf signifikansi kurang dari 0,05\r\nyaitu 0,000. Hasil nilai signifikansi menunjukkan bahwa secara bersama,\r\npenggunaan buku suplemen pembelajaran bernuansa cerita rakyat yang diuji\r\nefektivitasnyabenar-benar berbeda secara signifikan terhadap hasil keterampilan\r\nsosial dan self-efficacy pada kelas kontrol dan eksperimen. Artinya, ada perbedaan\r\ncapaian secara nyata pada ketiga kelas yang diajarkan dengan menggunakan buku\r\nsuplemen yang dikembangkan tersebut.\r\n\r\nKata Kunci: buku suplemen pembelajaran, cerita rakyat, keterampilan sosial,\r\nself-efficacy."^^ . "2019-01-24" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Azizah Arifinna"^^ . "Safarah"^^ . "Azizah Arifinna Safarah"^^ . . . . . . "Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran\r\nBernuansa Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan SelfEfficacy\r\n\r\nSiswa Kelas IV SD (Text)"^^ . . . "azizah arifinna safarah 16712251053.swf"^^ . . "HTML Summary of #65442 \n\nPengembangan Buku Suplemen Pembelajaran \nBernuansa Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan SelfEfficacy \n \nSiswa Kelas IV SD\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . . . "Pasca Sarjana" . .