TY - THES Y1 - 2019/08/21/ ID - UNY65434 AV - restricted A1 - Dwi Sari Mu?jizah, Mu?jizah TI - MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELUARGA BROKEN HOME DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar yang ada pada siswa dengan latar belakang dari keluarga broken home. Berawal dari observasi yang dilakukan di salah satu SMK swasta di DIY yang banyak siswan berasal dari keluarga broken home. Beberapa memiliki masalah belajar namun, ada yang tidak bermasalah. Serta seorang anak sangat erat kaitannya dengan keluarga. Oleh karena itu, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada anak keluarga broken home Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Peneliti memilih subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah tiga orang subjek yaitu BM, AY, dan SH serta empat key informan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, BM tidak tertarik dengan belajar, AY tidak memiliki keinginan untuk belajar serta bersekolah dan SH memiliki keinginan untuk belajar dan bersekolah karena dukungan dan perhatian dari ibu. Ketiga subjek memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda namun sangat rendah. Kemudian keluarga broken home memiliki pengaruh terhadap psikis anak yang berpengaruh pada kehidupan termasuk sekolah dan motivasi belaja yang berdampak pada kurangnya prestasi. Kata kunci: motivasi belajar, broken home UR - http://eprints.uny.ac.id/65434/ ER -