%T KORELASI ANTARA PERSISTENSI PERILAKU DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA %D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY65431 %A Safitri Kurnia Aziz Safitri %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi yang positif dan signifikan antara persistensi perilaku dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII sebanyak 184 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala persistensi perilaku dalam belajar dan dokumentasi. Skor validitas skala persistensi perilaku dalam belajar bergerak dari angka 0,359 sampai dengan 0,860. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala persistensi perilaku dalam belajar sebesar 0,935. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persistensi perilaku dalam belajar sebagian besar siswa (66%) termasuk kategori tinggi, prestasi belajar sebagian besar siswa (49%) kategori tinggi, (2) adanya korelasi yang positif dan signifikan antara persistensi perilaku dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta. Adanya korelasi yang positif dan signifikan antara persistensi perilaku dalam belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,154 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037 < 0,05. Artinya kenaikan nilai variabel persistensi perilaku dalam belajar (X) diikuti kenaikan nilai variabel prestasi belajar (Y). Kata kunci: persistensi perilaku dalam belajar, prestasi belajar