%T PELAKSANAAN PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN %I Fakultas Ekonomi %D 2018 %L UNY65348 %K Pemeliharaan, Sarana, Prasarana Pendidikan %A Fortik Fentri Fidiyawati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana Pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten dan mengetahui hambatan-hambatan yang muncul dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas Kepala sekolah, wakasek bidang sarpras, kepala keahlian, pegawai pemelihara dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeliharaan sarana dan prasarana Pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten belum optimal. Pemeliharaan yang dilakukan berupa pemeliharaan rutin, berkala, preventif, dan represif. Perencanaan pemeliharaan sarana pendidikan dilakukan satu tahun sekali pada awal tahun ajaran baru. Pelaksanaan pemeliharaan sarana pendidikan belum berjalan secara optimal dikarenakan tidak semua sarana yang dimiliki sekolah terpelihara dan tidak dilakukan dengan teratur sehingga masih ada sarana pendidikan yang rusak. Pengawasan pemeliharaan sarana pendidikan dilakukan oleh guru yang menggunakan sarana tersebut. Evaluasi pemeliharaan sarana sekolah belum maksimal karena hanya dilakukan secara lisan oleh petugas langsung. Pemeliharaan prasarana pendidikan bersifat rutin dilakukan setiap hari. Perencanaan pemeliharaan prasarana pendidikan dilakukan satu tahun sekali. Pelaksanaan pemeliharaan prasarana pendidikan dilakukan secara secara rutin setiap hari oleh petugas kebersihan. Pengawasan pemeliharaan prasarana pendidikan dilakukan oleh wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarara. Evaluasi pemeliharaan prasarana pendidikan belum maksimal karena hanya dilakukan secara lisan. Hambatan-hambatan yang muncul dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah keterbatasan dana dan keterbatasan sumber daya manusia untuk pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan.