TY - THES AV - public TI - PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI Z YANG DIMODERATORI OLEH GENDER KW - Karakteristik Produk KW - Gender KW - Pembelian Impulsif M1 - skripsi ID - UNY65336 UR - http://eprints.uny.ac.id/65336/ Y1 - 2019/05/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk terhadap pembelian impulsif pada generasi Z yang dimoderatori oleh gender, pada konsumen online instagram yang tinggal di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah generasi Z yaitu remaja yang lahir tahun 1995- 2010 yang tinggal di Yogyakarta, yang pernah melakukan pembelian online instagram. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 128 responden yang terdiri dari 81 responden perempuan dan 47 responden laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) karakteristik produk berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (2) Terdapat pengaruh positif karakteristik produk terhadap pembelian impulsif, sedangkan gender secara parsial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Jenis moderasi pada penelitian ini adalah pure moderating dibuktikan dengan nilai signifikansi pada variabel gender sebesar 0,265 (3) Karakteristik produk berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimoderatori oleh gender, Terdapat pengaruh memperlemah gender terhadap pembelian impulsif, hal ini ditunjukkan nilai koefisien regresi pada interaski antara karakteristik produk dan gender mempunyai nilai -0,591. Konsumen pria lebih dominasi memperlemah pembelian impulsif daripada wanita. A1 - Chandra, Gesita Aria PB - Fakultas Ekonomi ER -