%0 Thesis %9 S1 %A Mahardika, Tegar Pangesti %B Manajemen %D 2019 %F UNY:65319 %I Fakultas Ekonomi %K Pengetahuan, Religiusitas, Sikap Konsumen, Minat Beli, Kosmetik Halal %T PENGARUH PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI DENGAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(Studi pada Pengguna Kosmetik Wardah di Yogyakarta) %U http://eprints.uny.ac.id/65319/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap minat beli dengan sikap konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah wanita yang berdomisili di Yogyakarta yang menggunakan kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 132 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif pengetahuan terhadap sikap konsumen, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,427 ; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,638; (2) terdapat pengaruh positif religiusitas terhadap sikap konsumen, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,737 ; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,623 ; (3) terdapat pengaruh positif pengetahuan terhadap minat beli, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,208 ; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 1,207 ; (4) terdapat pengaruh positif religiusitas terhadap minat beli, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,004 ; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 1,157 ; (5) terdapat pengaruh positif sikap konsumen terhadap minat beli, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 15,529; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 1,370; (6) terdapat pengaruh positif pengetahuan terhadap minat beli dengan sikap konsumen sebagai variabel mediasi, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,7987; (7) terdapat pengaruh positif religiusitas terhadap minat beli dengan sikap konsumen sebagai variabel mediasi, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,7860.