<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan konstruksi instrumen pengukur HOTS\r\nmatematika pada siswa SMA kelas X Kota Yogyakarta yang valid dan reliabel, (2)\r\nmengetahui karakteristik instrumen HOTS matematika siswa SMA Negeri Kota Yogyakarta.\r\n(3) medeskripsikan kemampuan HOTS matematika siswa SMA Negeri Kota Yogyakarta. \r\nPenelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model\r\nPCM yang berasal dari pemodelan Rasch (Rasch Model). Tahapan pengembangan tes\r\nmenggunakan model Djemari Mardapi, yakni: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis tes,\r\n(3) mentelaah tes, (4) melakukan ujicoba tes, (5) menganalisis butir-butir tes, (6)\r\nmemperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes (9) menafsirkan hasil tes. Lokasi\r\nPenelitian di SMA Negeri 1, 3, 5, 9, 10, dan 11 di Kota Yogyakarta.Sampel keseluruhan\r\ndalam penelitian ini adalah 750 siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta.Sampel Uji Coba\r\ndalam penelitian ini sebanyak 200 siswa mengikuti ketetapan penelitian pemodelan Rasch\r\n(Rasch Model), sedangkan sampel untuk pengukuran sebesar 550 siswa.Teknik\r\npengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan tertutup untuk\r\nmelihat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Instrumen tes divalidasi oleh 2\r\norang dosen ahli yang masing-masing sebagai ahli pada bidang pendidikan matematika dan\r\nahli pengukuran HOTS. Reliabilitas tes menggunakan teknik Cronbach Alpha lebih besar\r\n0,5. \r\nHasil penelitian pengembangan diperoleh: (1.a.) Konstruk instrumen dengan jumlah\r\nbutir sebanyak 20 butir soal yang terdiri dari 10 aspek butir menganalisis, 7 mengevaluasi\r\ndan 3 Mencipta. (1.b.) Validitas isi pada penelitan ini yaitu sebesar 0,9. (1.c.) Instrumen\r\nyang dikembangkan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,911. (2.a.) Hasil menunjukkan\r\nsemua butir soal dari instrumen HOTS cocok dengan model PCM. (2.b.) Semua butir soal\r\ndari instrumen HOTS memiliki tingkat kesulitan dengan kategori sedang yaitu antara 0,74\r\ns/d 1,22. (3.a) Berdasarkan 550 responden didapat pola respon jawaban sebanyak 529 untuk\r\naspek menganalisis, 407 aspek evaluasi, dan 49 aspek mencipta. (3.b.) Deskripsi\r\nkemampuan HOTS siswa SMA Negeri kelas X di Kota Yogyakarta yaitu: kemampuan\r\nsangat tinggi sebesar 8,54%, kemampuan tinggi sebesar 20,18%, kemampuan sedang\r\nsebesar 37,09%, kemampuan rendah sebesar 28,36%, dan kemampuan sangat rendah sebesar\r\n5,81%.\r\n\r\nKata Kunci : HOTS, matematika, pilihan ganda, tes."^^ . "2019-01-21" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Bangun Hutama"^^ . "Wardana"^^ . "Bangun Hutama Wardana"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Text)"^^ . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order\r\nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #65297 \n\nPengembangan Instrumen Tes Pengukur Higher Order \nThinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA Negeri Kelas X Kota Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .