%0 Thesis %9 S1 %A Tutut, Puspita Sari %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2019 %F UNY:65250 %I PAUD %T KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK A SE KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/65250/ %X Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan yakni anak usia 4-5 tahun yang belum mampu berhitung dari satu sampai sepuluh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A Taman kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Dilaksanakan di TK se Kecamatan Tegalrejo dengan mengambil subjek penelitian 6 (enam) TK yang berbeda dari jumlah populasi yang ada yakni 14 TK dengan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni: 1) TK yang terdaftar dalam dinas, 2) TK yang berbasis keagamaan, 3) TK yang memiliki rombongan belajar kelas A dengan usia 4-5 tahun. serta 4) TK swasta atau negeri. Dari 14 TK yang terdaftar dalam dinas yang berada di kecamatan Tegalrejo, ada 220 siswa Taman Kanak-kanak kelompok A. Kemudian TK yang memenuhi keseluruhan pertimbangan masing-masing diambil 15 orang anak. Data diperoleh dari observasi dibantu dengan alat penelitian yakni instrumen penelitian berupa lembar checklist Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari 93,3%anak TK yang telah di teliti, 90% anak TK Kelompok A sudah mampu berhitung 1-10 dan masuk dalam kriteria berkembang sangat baik (BSB), 4,44% anak TK Kelompok A masuk kedalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), 2,22% anak TK Kelompok A ada dalam kriteria mulai berkembang (MB). Saran dari penelitian ini adalah pemberian kegiatan yang menarik perlu dilakukan dalam pembelajaran khususnya berhitung permulaan. Kata kunci: Kemampuan berhitung, Anak usia dini