%0 Thesis %9 S1 %A Tria, Ningrum %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2019 %F UNY:65246 %I PAUD %T KEMAMPUAN KOSAKATA PADA ANAK TK KELOMPOK A DI KECAMATAN PUNDONG %U http://eprints.uny.ac.id/65246/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kosakata meli-puti jenis kata dan jumlah kata pada anak TK Kelompok A di Kecamatan Pundong. Adapun jenis kosakata meliputi kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskkriptif. Subyek penelitian adalah 70 anak kelompok A di Kecamatan Pundong. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dengan lembar pengamatan checklist yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya melalui pendapat ahli (judgement experts). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan menghitung nilai persen. Hasil analisi data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kosakata anak TK A melalui jenis kosakata. Kosakata yang sering diucapkan oleh anak ialah jenis kata benda. TK Pertiwi 16 Baran 36%, TK Perwada Gedangan 41%, TK Pertiwi 17 Panjang 39%, TK PKK 110 Tunas Melati 39%, dan TK Pertiwi 18 Gunung Puyuh 37%. Kata kunci: Kemampuan, kosakata, anak TK Kelompok A di Kecamatan Pundong