%0 Thesis %9 S2 %A Suny, Ismail %A Suardiman, Siti Partini %B Bimbingan Konseling %D 2019 %F UNY:65239 %I Program Pascasarjana %K teknik modeling, kepercayaan diri, motivasi berprestasi %T Efektifitas Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi siswa SMP di Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/65239/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik modeling terhadap peningkatan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa SMP kelas VII Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik modeling sebagai variabel bebas, sedangkan untuk variabel terikat adalah kepercayaan diri dan motivasi berprestasi. Penelitian ini adalah quasi eksperimental yang menggunakan non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Mlati sebagai kelompok eksperimen sebanyak 10 siswa dan SMP Muhammadiyah Pakem sebagai kelompok kontrol sebanyak 10 siswa yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling yaitu, siswa yang memiliki kepercayaan diri dan motivasi berprestasi rendah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan skala motivasi berprestasi yang sudah divalidasi melalui proses penilaian expert justment oleh dua orang dosen ahli. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametris dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengetahui pengaruh setelah treatment dan uji Man Whitney (U) untuk melihat tingkat efektifitas teknik modeling terhadap kepercayaan diri dan motivasi berprestasi. Hasil menunjukkan bahwa teknik modeling terbukti efektif terhadap kepercayaan diri (sign=0,000<0,05) dan motivasi berprestasi (sign,=0,000< 0,05). Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa teknik modeling efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa kelas VII.