%A Yudha Prananda %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan dunia kerja terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. (2) Pengaruh pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. (3) Pengaruh pengetahuan dunia kerja dan pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas XI Teknik Pemesisnan SMK Muhammadiyah 1 Salam dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket tertutup. Uji validitas instrumen menggunakan expert-judgement. Instrumen selanjutnya diujikan pada sampel dan kemudian membandingkan nilai r hitung produk momen tiap item terhadap tabel r. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cornbach. Data diolah dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan dunia kerja terhadap motivasi belajar dengan thitung = 0,081 < ttabel = 2,069 dan persamaan regresi Y = 45,926 - 0,010X1. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktik industri terhadap motivasi belajar dengan thitung = 1,056 < ttabel = 2,069 dan persamaan regresi Y = 37,464 + 0,151X2. (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan sifgnifikan antara pengetahuan dunia kerja dan praktik industri terhadap motivasi belajar dengan Fhitung = 0,618 < Ftabel = 3,39 dan persamaan garis regresi Y = 38,171 - 0,080X1 + 0,191X2. %K pengetahuan dunia kerja, pengalaman praktik industri, dan motivasi belajar %L UNY65234 %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM