TY - THES Y1 - 2019/07/08/ KW - menyusun kalimat KW - tunarungu KW - media pembelajaran strip story UR - http://eprints.uny.ac.id/65219/ ID - UNY65219 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Rismawati, Suci A1 - Praptiningrum, Nurdayati TI - KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO AV - restricted M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Strip Story terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan desain one group pretest and posttests design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam tabel dan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada nilai posttest setelah diberikan treatment media pembelajaran Strip Story. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu. Hasil yang diperoleh masing-masing subjek dalam peningkatan nilai yakni pada subjek VG mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 10 dengan kriteria sangat baik, subjek WF mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 8 dengan kriteria baik, sedangkan subjek BT mengalami peningkatan nilai sebesar 5 menjadi 9 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai tersebut telah menunjukkan adanya perubahan yang baik dan telah menunjukkan kemajuan terhadap menyusun kalimat. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Strip Story efektif terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. ER -