TY - THES A1 - Rohmatulloh, Luthfi PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2019/08/06/ N2 - Peningkatan mutu pendidikan menjadi perhatian utama bagi setiap sekolah. Mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Selama ini kendala penyelenggara pendidikan mengarah pada satu lingkaran sistem dalam rangka proses transfer pengajaran. Salah satu penyebabnya adalah belum mempunyai manajemen yang bagus dan pengelolaan yang belum profesional. Mengingat pentingnya peran manajemen, maka sekolah harus mempunyai manajemen yang baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan platform sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk mengatasi permasalahan pengelolaan pembelajaran sehingga akan meningkatkan kualitas pembelajaran; (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian menggunakan model ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process (RUP) yang memiliki 4 tahapan yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Pengujian dilakukan menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability, usability, reliability, performance efficiency dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk membantu pengelolaan pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. (2) sistem telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada karakteristik functional suitability sebesar 1 (semua fitur berhasil diimplementasikan), karakteristik usability sebesar 87,2% (sangat layak) dan nilai alpha cronbach sebesar 0,955 (excellent), karakteristik reliability memiliki successful sessions sebesar 100%, successful pages sebesar 100%, dan successful hits sebesar 100%, karakteristik performance efficiency memiliki page speed sebesar 99,72%, Yslow sebesar 93,96%, dan load time sebesar 1,49 detik, dan aspek maintainability dengan maintainability index sebesar 100 (sangat mudah dirawat) dan complexity sebesar 2,35 (program berisiko rendah). UR - http://eprints.uny.ac.id/65215/ TI - ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI AV - public KW - sistem informasi manajemen KW - pembelajaran KW - RUP KW - ISO 25010 ID - UNY65215 M1 - skripsi ER -