@phdthesis{UNY65208, month = {August}, author = {Septiana Listyarini}, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA}, abstract = {Tujuan penelitian adalah: (1) membangun media pembelajaran perakitan komputer berbasis augmented reality pada platform android, (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan berdasar aspek functional suitability, performance efficiency, usability, dan compatablity pada ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) komunikasi, (2) perencanaan, (3) pemodelan, (4) konstriksi, (5) distribusi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner yang divalidasi oleh dua ahli instrumen, dua ahli materi, dan dua ahli media pembalajaran. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) media pembelajaran perakitan komputer dengan teknologi Augmented Reality dan Unity 3D sebagai tool pengembangannya, proses pengembangan menggunakan metode waterfall dengan 5 tahapan yaitu komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan distribusi, (2) hasil uji materi memperoleh nilai 97,06\% dan dinyatakan dalam kategori sangat layak, hasil pengujian aspek functional suitability memperoleh nilai 93,33\% dan dinyatakan ke dalam kategori sangat layak, hasil pengujian aspek performance efficiency dengan TestDroid menunjukkan bahwa performa aplikasi dinyatakan baik. Hasil pengujian compatibility menunjukkan tidak ada kegagalan dalam perangkat yang dipakai dan dan dinyatakan dalam kategori sangat baik, hasil pengujian aspek usability memperoleh nilai 78.89\% dan dinyatakan dalam kategori baik.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65208/}, keywords = {media pembelajaran, perakitan komputer, augmented reality, ISO 25010} }