<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe NHT (Number Head Together) dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Dukuh 1 tahun pelajaran 2018/2019.\r\nJenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 1 yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.\r\nHasil menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan sintaks : (1) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut. (2) Guru memberikan tugas, dan masing-masing kelompok mengerjakan permasalahan. (3) Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya. (4) Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok. (5) Tanggapan dari siswa yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Dan terakhir (6) Membuat kesimpulan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil observasi siswa menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa dimana pada pra siklus, keaktifan belajar siswa sebesar 26.67% (kategori sangat kurang) lalu meningkat pada siklus I sebesar 79.23% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan dari refleksi siklus I, keaktifan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 91.82% (kategori sangat baik).\r\n\r\nKata kunci :keaktifan , pembelajaran Matematika, kooperatif tipe number head together"^^ . "2019-08-13" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Muhammad Abu"^^ . "Rizal"^^ . "Muhammad Abu Rizal"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)\r\nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #65206 \n\nUPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) \nDI KELAS IV SD N DUKUH 1 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .