eprintid: 65190 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/06/51/90 datestamp: 2019-08-12 04:08:28 lastmod: 2019-08-12 04:08:28 status_changed: 2019-08-12 04:08:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawan, Rachmat title: IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD 3 JARAKAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD 3 Jarakan. 2) Mendeskripsikan karakter yang muncul pada implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD 3 Jarakan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya secara keseluruhan mengenai penanaman karakter melalui budaya sekolah di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD 3 Jarakan dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter ditanamkan melalui budaya sekolah yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten melalui kegiatan sehari-hari, mingguan, maupun tahunan yang dilakukan oleh warga sekolah; 2) kegiatan spontan yang dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat itu juga; 3) keteladanan; dan 4) pengondisian lingkungan dengan menciptakan kondisi yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter di sekolah baik secara fisik maupun nonfisik. Karakter yang muncul pada implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin terdapat 14 karakter; 2) kegiatan spontan: terdapat 6 karakter; 3) keteladanan terdapat 4 karakter; dan 4) pengkondisian lingkungan terdapat 9 karakter. Kata kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah date: 2019-08-12 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Setiawan, Rachmat (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD 3 JARAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/65190/1/RACHMAT%20SETIAWAN.pdf