TY - THES ID - UNY65190 Y1 - 2019/08/12/ TI - IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD 3 JARAKAN PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Setiawan, Rachmat AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD 3 Jarakan. 2) Mendeskripsikan karakter yang muncul pada implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD 3 Jarakan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya secara keseluruhan mengenai penanaman karakter melalui budaya sekolah di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD 3 Jarakan dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter ditanamkan melalui budaya sekolah yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten melalui kegiatan sehari-hari, mingguan, maupun tahunan yang dilakukan oleh warga sekolah; 2) kegiatan spontan yang dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat itu juga; 3) keteladanan; dan 4) pengondisian lingkungan dengan menciptakan kondisi yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter di sekolah baik secara fisik maupun nonfisik. Karakter yang muncul pada implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin terdapat 14 karakter; 2) kegiatan spontan: terdapat 6 karakter; 3) keteladanan terdapat 4 karakter; dan 4) pengkondisian lingkungan terdapat 9 karakter. Kata kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/65190/ ER -