@phdthesis{UNY65180, month = {August}, title = {PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE KECAMATAN DANUREJAN}, author = {Siwi Puspaningtyas}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65180/}, abstract = {Prestasi belajar siswa berpenaruh terhadap perkembangan intelektual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis dan motivsai berprestasi secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V D se-Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta yang berjumlah 281 dengan sampel berjumlah 165 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi, kemudian data prestasi belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 25 siswa. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 17\% 2) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 36,4\% dan 3) pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 53,4\%. Kata kunci: pola asuh demokratis, motivasi berprestasi, prestasi belajar siswa.} }