TY - THES M1 - skripsi ID - UNY65170 AV - restricted TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 5 WATES UR - http://eprints.uny.ac.id/65170/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif pada siswa kelas II SD Negeri 5 Wates. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design tipe time series dengan jenis equivalent time series. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 5 Wates, yang berjumlah 26 siswa. Siswa diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi untuk guru dan siswa, soal tes serta dokumen hasil belajar. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil sebesar 0,925. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yaitu dengan uji mean hasil posttest selama pertemuan I hingga III serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest mengalami kenaikan grade lebih dari satu tingkat yaitu pada pertemuan I sebesar 74,27, pertemuan II sebesar 79,92 dan pertemuan III sebesar 81,73. Didukung hasil uji N-Gain pada posttest pertemuan I dan posttest pertemuan III, sebesar 0,381726 pada kategori sedang. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif pada siswa kelas II SD Negeri 5 Wates. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif Y1 - 2019/08/12/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Dyah Ayu Pradita, Elisabeth ER -