%0 Thesis %9 S1 %A Tamyiz Al Khamidy, Muhammad %B PGSD %D 2019 %F UNY:65166 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKON MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KELIPATAN PESEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 PAGERALANG BANYUMAS %U http://eprints.uny.ac.id/65166/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dakon matematika terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV siswa SD negeri 1 Pageralang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan media dakon matematika, sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan media buku siswa yang biasa digunakan di kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media dakon matematika dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu mencakup seluruh siswa kelas 4 SDN 1 Pageralang yang berjumlah 37 siswa. Pemilihan kelas dalam penelitian ini yaitu kelas IVa dan IVb. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata kedua kelas, Uji N-Gain, Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil perolehan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan media dakon matematika sebesar 77,09 dengan kategori baik dan perolehan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol sebesar 62,88 dengan kategori cukup. Skor rata-rata kelas eksperimen mengalami peningkatan sebanyak 20,04 poin. Sedangkan perolehan rata-rata skor hasil belajar di kelas kontrol mengalami peningkatan sebanyak 4,76 poin. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB di kelas IV SD Negeri 1 Pageralang. Kata kunci: media dakon matematika, hasil belajar, KPK, FPB