TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Farida, Luthfiana N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan media Kartu Bahasa dan menghasilkan produk berupa Kartu Bahasa yang valid dan memiliki kualitas yang tinggi untuk digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas IV SD. Kartu Bahasa yang dikembangkan dikemas dalam bentuk permainan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Four-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahap saja yaitu define, design, and develop. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas IV SD N Sinduadi 1. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Angket digunakan untuk penilaian produk oleh ahli media, ahli materi, dan penilaian siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah sistematis pengembangan Kartu Bahasa menggunakan modifikasi model Four-D adalah sebagai berikut, pertama menganalisis kebutuhan siswa kelas IV SD N Sinduadi, kedua merancang kartu sesuai analisis yang dilakukan kemudian ketiga dilakukan pengembangan dengan penilaian dari validator ahli dan uji coba terbatas pada siswa kelas IV SD N Sinduadi. Validitas dan kualitas media Karsa dinilai berdasarkan pada penilaian: (1) Ahli materi dengan memperoleh rata-rata skor 4,58 yang termasuk kategori sangat tinggi; (2) Ahli media dengan memperoleh rata-rata skor 4,25 yang termasuk kategori sangat tinggi; (3) Penilaian siswa pada uji terbatas memperoleh rata-rata skor 4,42 yang termasuk kategori sangat tinggi. Kata Kunci : media pembelajaran, kartu bahasa, membaca pemahaman Y1 - 2019/08/12/ UR - http://eprints.uny.ac.id/65165/ M1 - skripsi ID - UNY65165 TI - PENGEMBANGAN KARTU BAHASA (KARSA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD N SINDUADI 1 AV - restricted ER -