@phdthesis{UNY65155, title = {PEMANFAATAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) UNTUK MENINGKATKAN ECOLITERACY DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN DUWET}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Sasa Prima Santi}, month = {August}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65155/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ecoliteracy dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Duwet dengan memanfaatkan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Duwet yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuatitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa PLAS, dapat meningkatkan ecoliteracy dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Duwet. Cara meningkatkan ecoliteracy dan prestasi belajar IPA siswa tersebut dengan menyampaikan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi siswa dalam kelompok kecil secara heterogen serta adanya peran yang jelas pada setiap anggota, menyediakan sumber belajar langsung di alam sekitar, membimbing dalam pengamatan dengan membuat petunjuk belajar yang jelas, memberi kesempatan bertanya tentang materi, memfasilitasi siswa untuk aktif dalam pengamatan, membimbing menyimpulkan materi, memberi soal evaluasi, dan memotivasi siswa agar tumbuh minat untuk sadar dan bertanggungjawab terhadap lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan ecoliteracy siswa. Adapun peningkatan ecoliteracy dan prestasi belajar dapat dilihat dari kegiatan pra tindakan, siklus I, dan siklus II berturut-turut untuk ecoliteracy50\% menjadi 91\% dan prestasi belajar 64\% menjadi 86\%. Tindakan dalam penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Kata kunci: ecoliteracy, prestasi belajar IPA, Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS)} }