TY - THES Y1 - 2019/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak berbasis komunikasi visual materi panas dan perpindahannya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan memodifikasi model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Bahan ajar dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli kegrafikan, dan praktisi. Subjek coba pada penelitian ini adalah 3 siswa dari SD Juara untuk uji coba terbatas dan 23 siswa dari SD Negeri Baciro Yogyakarta untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif , deskriptif kuantitatif, dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah produk bahan ajar cetak berbasis komunikasi visual pada materi panas dan perpindahannya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Baciro Yogyakarta layak digunakan dalam pembelajaran. Penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh skor akhir 3,246 dalam kategori baik. Penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh skor akhir 3,2 dalam kategori baik. Penilaian kelayakan oleh praktisi memperoleh skor 4 dalam kategori sangat baik. Pada uji coba terbatas memperoleh skor 3,04 dalam kategori baik. Pada uji coba lapangan memperoleh skor 3,29 dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat yang dibuktikan dengan rata-rata awal 72,52 menjadi 80,95 dan N-Gain memperoleh skor 0,306. Dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, komunikasi visual, panas dan perpindahannya PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Wijayanti, Ria ID - UNY65154 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BACIRO YOGYAKARTA AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/65154/ ER -