%L UNY65150 %K Pola Pembelajaran Teaching Factory, Teknik. Furnitur, SMK Negeri 1 Purworejo. %A Agum Anugrah Ugama Hendra %X Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui proses pembelajaran teaching factory; (2) mengetahui sumber daya yang ada di Program Keahlian Teknik Furnitur; (3) mengetahui produk yang dihasilkan di Program Keahlian Teknik Furnitur; (4) mengetahui kerjasama yang terjadi melalui pola pembelajaran teaching factory di Program Keahlian Teknik Furnitur SMK Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah Kepala Program Keahlian Teknik Furnitur, Guru, serta Staf Teaching Factory SMK Negeri 1 Purworejo. Objek penelitian ini SMK Negeri 1 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah metode analisis deskiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) proses pembelajaran teaching factory telah dilakukan di SMK Negeri 1 Purworejo terintegrasi cukup baik dengan Program Keahlian Teknik Furnitur yang dilakukan oleh siswa Kelas XI; (2) sumber daya pendidik seperti guru, staf teaching factory, dan toolman masih belum memenuhi jumlah yang seharusnya, serta kelengkapan sarana dan prasana di SMK Negeri 1 Purworejo masih kurang lengkap dari segi jumlah alat dan mesin, sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan praktik; (3) produk yang dihasilkan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Purworejo pada Program Keahlian Teknik Furnitur seperti almari, dipan, meja, kursi, rak cermin, pintu, dan jendela sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen, meskipun produk yang dihasilkan terbatas; (4) kerjasama antara pihak SMK Negeri 1 Purworejo dengan pihak industri furnitur belum terjalin, namun untuk kedepannya pihak sekolah terus berusaha untuk dapat berkerjasama dengan industri. %T POLA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019