TY  - THES
UR  - http://eprints.uny.ac.id/65146/
M1  - skripsi
PB  - Universitas Negeri Yogyakarta
A1  - Esmansyah, Esmansyah
TI  - PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
AV  - public
KW  - pengembangan
KW  -  4D
KW  -  Konstruksi Jalan Jembatan
ID  - UNY65146
Y1  - 2019/07/25/
N2  - Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul Konstruksi Jalan
dan Jembatan siswa Kelas XI Semester Gasal SMK Negeri 2 Yogyakarta, dan
mengetahui tingkat kelayakan aspek materi dan media modul pembelajaran
Konstruksi Jalan dan Jembatan. Produk ini disesuaikan dengan Kompetensi
Dasar dan Kompetensi Inti Kurikulum 2013. Metode pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4D dari Thiagarajan. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket tertutup dengan 5
pilihan jawaban. Angket ini terdiri dari penilaian kelayakan media dan materi.
Kedua angket tersebut diisi oleh dosen ahli dan guru pengampu mata pelajaran
Konstruksi Jalan dan Jembatan. Data penilaian kelayakan tersebut dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif yang dikonversikan menjadi data
kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan
yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penyusunan modul
menggunakan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) sesuai dengan
Kurikulum 2013 dan (2) Hasil validasi ahli materi I dikategorikan ?layak? dengan
perolehan skor 70,83%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli
materi II dikategorikan ?layak? dengan perolehan skor 81,66 untuk hasil validasi
ahli media yang dilakukan oleh ahli media I dikategorikan ?sangat layak? dengan
perolehan skor 95,55%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli
media II dikategorikan ?sangat layak? dengan perolehan skor 87,40%
ER  -