<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD Negeri Se-UPT Saptosari."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh scientific \r\napproach terhadap keterampilan proses; 2) pengaruh scientific approach terhadap \r\nhasil belajar kognitif; 3) pengaruh scientific approach terhadap keterampilan \r\nproses dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran tematik \r\nintegratif kelas V SD Negeri se-UPT Saptosari. \r\nJenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan \r\npretest-postest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh \r\npeserta didik kelas V SD Negeri se-UPT Saptosari pada semester gasal tahun \r\najaran 2017/2018 yang berjumlah 16 sekolah. Sebanyak 3 kelas dari 3 SD Negeri \r\nmenjadi sampel penelitian yang diambil melalui teknik cluster random sampling. \r\nDua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model \r\nscientific approach, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan \r\nmenerapkan ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data \r\nadalah tes dan lembar observasi. Uji normalitas data menggunakan \r\nKolmogorov-Smirnov Test, sedangkan uji homogenitas menggunakan Levene’s \r\nTest. Data dianalisis dengan menggunakan independent t-test dan MANOVA. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) scientific approach berpengaruh \r\npositif dan signifikan terhadap keterampilan proses peserta didik dengan nilai \r\nsignifikansi 0.00 (taraf signifikansi < 0.025); 2) scientific approach berpengaruh \r\npositif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai \r\nsignifikansi 0.00 (taraf signifikansi < 0.025); 3) scientific approach berpengaruh \r\npositif dan signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif \r\npeserta didik dengan nilai signifikansi 0.00 (MANOVA taraf signifikansi <0.05). \r\nsecara keseluruhan uji dan hasil penelitian menunjukkan bahwa scientific \r\napproach berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses dan \r\nhasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Negeri \r\nse-Upt Saptosari."^^ . "2018-12-26" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Hanafita hajar"^^ . "Utami"^^ . "Hanafita hajar Utami"^^ . . . . . . "Pengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD Negeri Se-UPT Saptosari. (Text)"^^ . . . "tesis-hanafita hajar utami-13712251041.swf"^^ . . "HTML Summary of #65106 \n\nPengaruh Scientific Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD Negeri Se-UPT Saptosari.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . . . "Pasca Sarjana" . .