%I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2012 %T PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 SAMIGALUH TA 2010/2011 %A F. Yuli Riyanto %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP yang memanfaatkan media audio visual dengan siswa yang memanfaatkan media audio pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Teknik Pengambilan Sampel dengan teknik random sampling, Kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII C dipilih sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes untuk penelitian sebanyak 20 soal telah diujicobakan terlebih dahulu yang sebelumnya melalui tahap validasi. Eksperimen dilakukan dengan tahap memberikan pretest pada kedua kelas diikuti dengan pembelajaran, kelas Eksperimen diberikan perlakuaan dengan memanfaatkan Media Audio Visual sedangkan kelas Kontrol diberi perlakuan dengan memanfaatkan Media Audio. Tahap pelaksanaan penelitian diakhiri dengan pemberian posttest pada kelas Kontrol maupun Eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Media Audio Visual terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa lebih tinggi daripada pemanfaatan Media Audio.Kelas Eksperimen memilik rata-rata sebesar 5,8444 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 4,9531. Hasil uji t diperoleh Thitung