TY - THES Y1 - 2019/01/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem-Based Learning yang layak digunakan, (2) mengungkapkan efektifitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Penelitian ini dilakukan di SD Piyungan. Subjek uji coba dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas tiga. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket validasi, angket respon, tes kemampuan berpikir kreatif, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan adalah independent t-test dan paired sample t-test dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli, silabus mendapat rerata skor 4,3 yang masuk dalam kategori sangat layak. Rencana pelaksanaan pembelajaran mendapat rerata skor 4,5 yang masuk dalam kategori sangat layak. Lembar kerja siswa mendapat rerata skor 4,6 yang masuk dalam kategori sangat layak. Instrumen penilaian mendapat rerata skor 4,1 yang masuk dalam kategori layak. Buku ajar mendapat rerata skor validasi dari ahli 4,4 yang masuk dalam kategori sangat layak. Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi <0,05. PB - UNY A1 - Anita, Diah AV - restricted KW - Problem-Based Learning KW - berpikir kreatif KW - pemecahan masalah TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Piyungan. ID - UNY65081 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/65081/ ER -