%0 Thesis %9 S2 %A Lutfiyana, Anisa %B Program Pascasarjana %D 2019 %F UNY:65080 %I UNY %T Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Pengembangan Profesionalitas Guru SMP Muhammadiyah kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/65080/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah, (2) komitmen organisasi, (3) budaya organisasi sekolah, dan (4) kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, dan budaya organisasi sekolah secara bersamasama terhadap pengembangan profesionalitas guru SMP Muhammadiyah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Muhammadiyah kota Yogyakarta dengan jumlah 280 guru. Sampel sejumlah 162 guru ditentukan menggunakan teknik simple randon sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan skala psikologi yang telah diuji validasi dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda yang pengujianya menggunakan bantuan program windows SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengembangan profesionalitas guru sebesar 15.7%, (2) komitmen organisasi terhadap pengembangan profesionalitas guru sebesar 15.7%, (3) budaya organisasi sekolah terhadap pengembangan profesionalitas guru sebesar 21.1% (4) kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi sekolah, dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengembangan profesionalitas guru sebesar 22% sedangkan sisanya sebesar 88% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, budaya organisasi sekolah, pengembangan profesionalitas guru