%L UNY65068 %A Andreas Tora Yogatama %K Penilaian Hasil Belajar, Kurikulum 2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui metode penilaian hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Mengetahui masalah yang dihadapi guru ketika melakukan proses penilaian hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini merupakan 6 guru mata pelajaran kelas X dan XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Guru-guru tersebut terdiri dari guru Gambar Teknik, guru Gambar Teknik Manufaktur, guru Teknik Pemesinan CNC, guru Bahasa Indonesia, guru Matematika, dan guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penilaian aspek sikap sudah sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013. Meskipun cara yang dilakukan setiap guru berbeda. Waktu dan model penilaian dari setiap guru juga sedikit berbeda. 2) Penilaian aspek pengetahuan sebagian besar diambil dari tugas harian dan tes tertulis. 3) Penilaian aspek keterampilan sudah sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi keterampilan. Meskipun cara penilaian dari setiap guru berbeda.Kendala guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa merujuk pada cara menilai secara teknis dan administrative. Misalnya, butuh banyak waktu yang digunakan untuk melakukan penilaian dan jumlah siswa yang terlalu banyak sehingga tidak memungkinkan guru untuk mengamati kegiatan anak satu per satu.Kesimpulan yang dapat diambil adalah pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah cukup optimal namun perlu membuat dan merencanakan waktu penilaian. %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019 %T Metode Penilaian Hasil Belajar Siswi Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta