TY - THES KW - Multimedia pembelajaran interaktif KW - teknik animasi 2 dimensi dan 3 dimensi KW - APPED ID - UNY65029 Y1 - 2019/07/26/ A1 - Wardani, Anggie Ayu TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 GODEAN PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. (3) Mengetahui tanggapan siswa mengenai pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan pada penelitian ini adalah model APPED yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis dan penelitian Awal, (2) perancangan, (3) produksi, (4) evaluasi, dan (5) diseminasi. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean telah memenuhi kelayakan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengujian kepada ahli materi adalah 82,5% dengan kategori sangat layak, hasil yang diperoleh dari pengujian oleh ahli media adalah 96,25% dengan kategori sangat layak, dan hasil yang diperoleh dari pengujian pengguna adalah sebesar 86,75% dengan kategori sangat layak. Hal ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dikatakan sangat layak untuk digunakan pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran adalah positif yaitu mudah digunakan dan materi mudah dipahami. Selain itu tanggapan siswa lain adalah backsound yang digunakan dapat dibuat lebih relaxing agar lebih fokus dalam mempelajari materi. UR - http://eprints.uny.ac.id/65029/ ER -