@phdthesis{UNY6502, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2012}, month = {October}, author = {Gama Pratama}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS MATERI BENTUK-BENTUK MUKA BUMI UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 SEYEGAN KELAS VII}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPS SMP kelas VII dengan materi ?Bentuk-bentuk Muka Bumi? ditinjau dari aspek kualitas tampilan pada stimulan pembelajaran, aspek penyajian materi, dan aspek motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development ) Borg \& Gall. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, mengembangkan bentuk produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Produk awal yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media (validasi konsep ). Selanjutnya dilakukan ujicoba empirik kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba perseorangan (one to one ) melibatkan 3 siswa, uji coba kelompok kecil (small group evaluation ) melibatkan 6 siswa, dan uji coba lapangan (field trial ) melibatkan 22 siswa. Subyek uji coba produk adalah siswa SMP Muhammdiyah 1 Seyegan kelas VII. Data dikumpulkan melalui angket. Analisis data hasil penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa produk multimedia pembelajaran interaktif terdiri dari 1 kepingan Compact Disc berserta cover dan terdiri dari elemen teks, gambar, suara, animasi, video yang menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS bagi siswa SMP kelas VII dengan materi ?Bentukbentuk Muka Bumi? sudah memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dari aspek pembelajaran dan isi diambil skor 3,50 dengan kriteria sangat baik, dan hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan diambil skor 3,53 dengan kriteria sangat baik dan aspek pemrograman diambil skor 3,83 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan terhadap aspek kualitas tampilan pada stimulan pembelajaran, aspek penyajian materi, dan aspek motivasi belajar jumlah keseluruhan dari tiga aspek tersebut diambil skor 3,78 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, maka multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS materi ?Bentuk-bentuk Muka Bumi? untuk siswa SMP kelas VII sudah layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/6502/} }