%0 Thesis %9 S1 %A Sekartaji, Dinda %A Ngatman, %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2019 %F UNY:64964 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K guru, penilaian autentik %T PEMAHAMAN GURU PJOK SMA SE- KABUPATEN PURWOREJO TERHADAP PENILAIAN BERBASIS KINERJA (AUTHENTIC ASSESSMENT) MATA PELAJARAN PJOK %U http://eprints.uny.ac.id/64964/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru PJOK Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Purworejo terhadap penilaian berbasis kinerja (Authentic Assessment) pada mata pelajaran PJOK. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan instrument angket. Subjek penelitian ini sejumlah 18 guru PJOK di 7 SMA Negeri di Kabupaten Purworejo. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil menunjukkan bahwa Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Purworejo terhadap penilaian berbasis kinerja (Authentic Assessment) berkategori sangat rendah sebesar 11,1%, rendah sebesar 11,1%, sedang sebesar 55,6%, tinggi sebesar 11,1%, dan sangat tinggi sebesar 11,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK SMA se-Kabupaten Purworejo terhadap Penilaian Berbasis Kinerja (Authentic Assessment) adalah sedang.