TY - THES Y1 - 2019/07/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak berkebutuhan khusus di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2019-Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah 2 guru penjas adaptif, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil observasi saat pembelajaran, pengamatan saat pembelajaran, dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan tujuan sudah sesuai dengan kondisi peserta didik dan penyusunan perangkat pembelajaran sudah cukup sesuai dengan kurikulum 2013. Pelaksanaan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori meskipun kondisi pengalaman guru penjas adaptif masih tergolong minim di sekolah luar biasa. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap akhir pembelajaran, akhir pertemuan setiap materi, dan setiap akhir semester. Tindak lanjut dari evaluasi yaitu pengembangan bina gerak bagi peserta didik yang kemampuan motoriknya masih kurang serta dijadikan bahan acuan guru penjas adaptif untuk pembelajaran kedepannya. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Rizal, Nur Wahyu Dimas AV - public KW - anak berkebutuhan khusus KW - pembelajaran pendidikan jasmani adaptif TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 M1 - skripsi ID - UNY64961 UR - http://eprints.uny.ac.id/64961/ ER -