%0 Thesis %9 S1 %A Rizal, Nur Wahyu Dimas %A Sugeng Purwanto, %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2019 %F UNY:64961 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K anak berkebutuhan khusus, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %U http://eprints.uny.ac.id/64961/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak berkebutuhan khusus di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2019-Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah 2 guru penjas adaptif, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil observasi saat pembelajaran, pengamatan saat pembelajaran, dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan tujuan sudah sesuai dengan kondisi peserta didik dan penyusunan perangkat pembelajaran sudah cukup sesuai dengan kurikulum 2013. Pelaksanaan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori meskipun kondisi pengalaman guru penjas adaptif masih tergolong minim di sekolah luar biasa. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap akhir pembelajaran, akhir pertemuan setiap materi, dan setiap akhir semester. Tindak lanjut dari evaluasi yaitu pengembangan bina gerak bagi peserta didik yang kemampuan motoriknya masih kurang serta dijadikan bahan acuan guru penjas adaptif untuk pembelajaran kedepannya.