TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Subiyantoro, Singgih N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi operasi hitung bilangan kelas I SDN Karanganyar 02 Cilacap melalui penggunaan alat peraga timbangan matematis. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (CAR ) atau biasa dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN Karanganyar 02 Cilacap yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Uji validitas instrumen tes pemahaman dilakukan dengan uji content validity atau validitas isi oleh expert judgement. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa digunakan teknik analisis table prestasi belajar siswa. Sedangkan keberhasilan penelitian dapat dilihat dari ketercapaian KKM atau persentase daya serap klasikal, dan persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai _ 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga timbangan matematis dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung bilangan kelas I SDN Karanganyar 02 Cilacap. Peningkatan pemahaman siswa terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa, diantaranya (1 ) rata-rata kelas pada siklus pertama 69 meningkat menjadi 82,2 pada siklus kedua, (2 ) nilai tertinggi pada siklus pertama 90 meningkat menjadi 100 di siklus kedua, (3 ) nilai terendah siklus pertama 40 meningkat menjadi 60 di siklus kedua. Penelitian tindakan ini dapat dikatakan berhasil dengan tercapainya kriteria keberhasilan penelitian, yakni daya serap klasikal mencapai 91,7% dari target minimal 75%, dan semua siswa (100% ) telah memperoleh nilai _ 60. Y1 - 2012/10/04/ UR - http://eprints.uny.ac.id/6495/ TI - PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS I SDN KARANGANYAR 02 CILACAP MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIMBANGAN MATEMATIS AV - public M1 - skripsi ID - UNY6495 ER -