%0 Thesis %9 S1 %A Puspitasari, Wening Fajar %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2012 %F UNY:6492 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH METODE PERMAINAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH MATAHARI PADA SISWA KELAS II SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/6492/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan sains terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh matahari pada siswa kelas II SD N Keputran A Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode permainan sains dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas II SD N Keputran A. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD N Keputran A yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang dipilih kelas II C sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan tes prestasi. Validitas yang digunakan adalah validitas internal yaitu validitas isi (expert judgement). Teknik analisis data terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap uji persyaratan, statistik deskriptif, interpretasi skor, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data hasil belajar ranah kognitif siswa. Interpretasi skor untuk menganalisis data hasil belajar ranah afektif siswa. Uji tahap hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar IPA pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode permainan sains memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh matahari pada siswa kelas II SD N Keputran A Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor akhir hasil belajar ranah afektif dan ranah kognitif. Rata-rata skor akhir hasil belajar ranah afektif kelas kontrol sebesar 7 berada pada kategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 17,20 berada pada kategori tinggi. Rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 75,94 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 68,13. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t sebesar 4,214 dan nilai sig 0,000 < 0,01. Artinya ada perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa metode permainan sains memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh matahari pada siswa kelas II SD N Keputran A Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: metode permainan sains, hasil belajar IPA, materi pengaruh matahari