@phdthesis{UNY64916, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DASAR PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK}, author = {Hepy Restu Adhiatma}, month = {July}, year = {2019}, abstract = {Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran instalasi motor listrik dasar berbasis android kompetensi keahlian instalasi motor listrik sekolah menengah kejuruan, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran instalasi motor listrik dasar berbasis android kompetensi keahlian instalasi motor listrik sekolah menengah kejuruan. Penelitian yang digunakan penulis merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan multimedia Linear sequential model atau yang biasa disebut Waterfall Model yang terdiri dari : (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan Media (Design), (3) Pembuatan Program / implementasi (Code), (4) Pengujian (Test). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Pengujian aplikasi media dilakukan pada kelas XI TL2 yang melibatkan 22 siswa kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) model media pembelajaran instalasi motor listrik pada mata pelajaran instalasi motor listrik terdiri dari gambar instalasi motor listrik dengan kendali elektromagnetik yang terdiri dari instalasi DOL, pembalik arah putar, bintang segitiga, motor bekerja secara bergantian, dan motor bekerja secara berurutan, simulasi kerja instalasi motor listrik, penerapan instalasi motor listrik dan soal evaluasi mengenai instalasi motor listrik, (2) kelayakan media pembelajaran instalasi motor listrik, berdasarkan rerata penilaian ahli media diperoleh persentase 89,375 \% dan dikategorikan ?sangat layak? dan penilaian rerata ahli materi diperoleh persentase 83,631 \% dan dikategorikan ?sangat layak?, (3) respon dari angket siswa terhadap media pembelajaran instalasi motor listrik dasar mendapat rerata persentase penilaian 77,63\% dan dapat dikatakan media pembelajraan ?layak? digunakan.}, keywords = {Media pembelajaran, teknik instalasi tenaga listrik, instalasi motor listrik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64916/} }