%0 Thesis %9 S1 %A Pratama, Bayu Adi %B PGSD %D 2019 %F UNY:64882 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/64882/ %X Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta, objek penelitian yaitu pendidikan karakter melalui budaya sekolah, dan narasumber antara lain kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah dibentuk dalam proses kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin yang dilakukan warga sekolah setiap hari, satu minggu sekali, satu bulan sekali maupun satu tahun sekali; 2) kegiatan spontan dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat itu juga tanpa direncanakan; 3) pengkondisian diciptakan untuk mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter di sekolah baik secara fisik maupun nonfisik; serta 4) keteladanan ditunjukkan oleh guru maupun siswa dengan memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik di sekolah. Kata kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah