%0 Thesis %9 S1 %A Akbaresti, Devie Anggita %B PGSD %D 2019 %F UNY:64880 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DI SD NEGERI PERCOBAAN 3 PAKEM %U http://eprints.uny.ac.id/64880/ %X Pembelajaran ramah anak diadakan untuk memenuhi hak anak di sekolah, salah satunya melalui pembelajaran ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ramah anak di SD (Sekolah Dasar) Negeri Percobaan 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Negeri Percobaan 3. Sumber data dalam penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling, yaitu kepala sekolah SD N Percobaan 3, dua guru, dan empat anak. Pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Creswell diawali dengan menyiapkan data untuk dianalisis, membaca seluruh data, mengkoding data, membuat generalisasi deskripsi, menentukan tampilan deskripsi, dan membuat interpretasi dari hasil. Hasil penelitian menunjukkan SD Negeri Percobaan 3 telah melaksanakan pembelajaran ramah anak yang terlihat dari perencanaan pembelajaran mencakup RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ramah anak, bahan ajar ramah anak, penataan kelas ramah anak, serta terdapat model kelas ramah anak. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan adil gender, inklusif, mengenalkan kebiasaan masyarakat dan budaya lokal, anak partisipatif, menyenangkan, memfasilitasi minat dan potensi anak, memotivasi apresiasi seni, menambah wawasan kebangsaan, membiasakan peduli lingkungan, dan menjalin relasi guru dan anak. Pembelajaran menggunakan penilaian otentik dan dilaksanakan dengan objektif. Kata kunci : ramah anak, hak anak