%0 Thesis %9 S1 %A Laksita, Luki %B PGSD %D 2019 %F UNY:64879 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TATAH SUNGGING WAYANG DI SD NEGERI PUCUNG %U http://eprints.uny.ac.id/64879/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler tatah sungging wayang di SD Negeri Pucung dilihat dari ciri-ciri, fungsi, nilai, langkah, serta karakter yang muncul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidik, komite sekolah, siswa, dan tokoh masyarakat. Objek penelitian yaitu imlementasi kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler tatah sungging wayang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ciri-ciri kegiatan implementasi kearifan lokal adalah menghasilkan sesuatu dan bersifal fleksibel. (2) Fungsi kearifan lokal yaitu menjadi ciri khas daerah, dapat dijadikan sebagai filter, memberikan arah perkembangan budaya, dan sebagai elemen perekat antar siswa. (3) Langkah implementasi meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta dampak kegiatan (4) Nilai karakter yang muncul yaitu disiplin dan cinta tanah air. (5) Faktor pendukung kegiatan implementasi yaitu sudah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, terjalinnya kerja sama yang baik, dan memiliki dukungan yang kuat dari berbagai pihak. Faktor penghambatnya yaitu hasil karya yang belum memiliki nilai jual dan pemahaman siswa yang berbeda-beda. Kata kunci: Implementasi, kearifan lokal, tatah sungging wayang