eprintid: 64878 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/06/48/78 datestamp: 2019-07-30 02:17:46 lastmod: 2019-07-30 02:17:46 status_changed: 2019-07-30 02:17:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rohmawati, Dwi Dita title: PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN “PARSIA” UNTUK MATERI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan media “PARSIA: Papan Permainan Keragaman Budaya Indonesia” untuk materi tema Indahnya Keragaman di Negeriku, 2) mendeskripsikan tingkat validitas dan kualitas pengembangan media PARSIA untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Banyuraden. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini berpedoman pada prosedur pengembangan Borg & Gall yang mencakup sembilan langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba perorangan, revisi produk hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, revisi produk hasil uji coba kelompok kecil, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Banyuraden. Subjek uji coba perorangan adalah 4 siswa, subjek uji coba kelompok kecil adalah 12 siswa, dan subjek uji coba lapangan adalah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi media, dan angket respon siswa. Teknik analisis dari data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PARSIA mempunyai tingkat validitas dan kualitas tinggi sehingga layak diuji cobakan ke sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,43 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. hasil validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,68 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 4,23, validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,30 tingkat validitas dan kualitas “tinggi”. Hasil uji lapangan memperoleh skor rata-rata 4,39 tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Kata kunci: pengembangan, papan permainan, keragaman budaya date: 2019-07-30 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Rohmawati, Dwi Dita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN “PARSIA” UNTUK MATERI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/64878/1/Dwi%20Dita%20Rohmawati.pdf