TY - THES ID - UNY6486 M1 - skripsi TI - HUBUNGAN METODE DISKUSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN NGEMPLAK SLEMAN TAHUN 2011/2012 AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/6486/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode diskusi dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Ngemplak Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bersifat ex postfacto dengan variabel independen yaitu metode diskusi, serta sebagai variabel dependen yaitu motivasi belajar matematika. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Ngemplak Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, berjumlah 113 siswa. Pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel metode diskusi dan motivasi belajar matematika. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian untuk data metode diskusi tingkat kategori sedang memiliki frekuensi paling banyak dengan persentase 80,5%, sedangkan untuk data motivasi belajar matematika frekuensi paling banyak juga berada pada tingkat kategori sedang dengan persentase 86,7%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r (korelasi) sebesar0,344 dengan nilai sig= 0,000. Nilai r hitung? r tabel (rhitung = 0, 344, rtabel113 dengan taraf kesalahan 5% = 0, 176). Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode diskusi dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Gugus II Ngemplak Sleman 2011/2012 dengan tingkat hubungan rendah. Kata kunci: metode diskusi, motivasi belajar matematika, SD Se-Gugus II Kecamatan Ngemplak Sleman. Y1 - 2012/10/01/ A1 - Solikhan, - PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -