%X Pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah banyak mengalami berbagai keterbatasan salah satunya yaitu kompetensi pelatih. Namun jika ditangani oleh pelatih yang kompeten keterbatasan tersebut bisa di atasi. Maka tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini, yaitu untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap kompetensi para pelatih ekstrakurikuler olahraga SMA/MA Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan dengan metode survey. Instrumen penelitian berupa angket kompetensi para pelatih ekstrakurikuler olahraga. Sampel penelitian adalah peserta ekstrakurikuler olahraga SMA/MA Negeri se-Kota Yogyakarta sebanyak 100 responden. Berdasarkan jenis penelitiannya, penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kompetensi pelatih ekstrakurikuler olahraga di SMA/MA Negeri se-Kota Yogyakarta secara keseluruhan berdasarkan 4 faktor kompetensi berada pada kategori “sangat kurang baik” sebesar 12 %, kategori “kurang baik” sebesar 26 %, kategori “cukup baik” sebesar 28 %, kategori “baik” sebesar 15 %, dan kategori “sangat baik” sebesar 19 %. %A Muhandis Ni'ma Aniqi %K kompetensi, pelatih, ekstrakurikuler olahraga %L UNY64849 %D 2019 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T KOMPETENSI PELATIH EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA/MA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PESERTA DIDIK