%L UNY64843 %X Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelaksanaan penilaian portofolio oleh guru PJOK di SMA Sekecamatan Simo Kabupaten Boyolali belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap penilaian portofolio di SMA Sekecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMA sekecamatan Simo Kabupaten Boyolali yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan benar-salah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap penilaian portofolio di SMA Sekecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun 2019 berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 5,00% (1 guru), “cukup” sebesar 65,00% (13 guru), “tinggi” sebesar 30,00% (6 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap penilaian portofolio di SMA Se-Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun 2019 dalam kategori “cukup”. %A Bagas Enggar Luthfi %K pengetahuan, guru PJOK, penilaian portofolio %D 2019 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T TINGKAT PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP PENILAIAN PORTOFOLIO DI SMA SE-KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2019