TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/64815/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII di SMP IT Salman Alfarisi terhadap permainan sepakbola modifikasi empat gawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket. Penelitian bertempat di SMP IT Salman Alfarisi dengan populasi kelas VIII yang terdiri dari 19 peserta didik. Validitas instrumen penelitian menggunakan Pearson Product Moment dan reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik yang disajikan dalam prosentase responden. Berdasarkan hasil analisis data kontribusi faktor internal telah memberikan motivasi sebesar 60,48 %, meliputi indikator kebutuhan fisiologis memberikan motivasi sebesar 22,35 %, indikator kebetuhan rasa aman sebesar 16,92 %, indikator kebutuhan akan aktualisasi diri sebesar 21,21 %. Sedangkan kontribusi dari faktor eksternal telah memberikan motivasi sebesar 39,52 %, meliputi indikator kebutuhan sosial sebesar 21,78 %, dan indikator kebutuhan akan penghargaan sebesar 17,74 %. AV - public TI - MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK DENGAN MENGGUNAKAN SEPAKBOLA MODIFIKASI EMPAT GAWANG DI SMP IT SALMAN ALFARISI PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Prasetyo, Bagus ID - UNY64815 KW - permainan sepakbola modifikasi KW - motivasi KW - peserta didik Y1 - 2019/07/26/ ER -