%T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS II SD N MEJING 2 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012 %D 2012 %I Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY6481 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II SD Negeri Mejing 2 Kabupaten Magelang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan variabel bebas pengaruh media audio visual dan variabel terkait kemampuan menyimak dongeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD N Mejing 2 yang terdiri dari 40 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II SD N Mejing 2, yang terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyimak dongeng antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan menyimak Bahasa Indonesia siswa kelas II SD N Mejing 2 Kabupaten Magelang tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 90,00 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 64,50. Dari hasil uji t diperoleh nilai t adalah 8,408  2,021. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II SD N Mejing 2 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Menyimak Dongeng, Siswa Kelas II SD N Mejing 2 %A Mutiara Adi Sukarno