%0 Thesis %9 S1 %A Yuliani, Irma %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2012 %F UNY:6477 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T HUBUNGAN MINAT BACA BUKU IPS DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE GUGUS 3 KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012 %U http://eprints.uny.ac.id/6477/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca buku IPS dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul tahun ajaran 2011 – 2012. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dengan mengambil 120 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala, observasi dan dokumentasi. Instrumen pokok dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan instrumen penunjangnya adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menentukan hubungan antara dua variabel yaitu minat baca buku IPS dengan prestasi belajar IPS digunakan melalui penghitungan dengan rumus korelasi Pearson product moment. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa r hitung 0,753 > r tabel 0,178 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan jumlah N=120. Interpretasi tingkat hubungan terhadap harga koefisien korelasi kedua variabel tersebut menunjukkan tingkat hubungan yang cukup kuat. Hasil-hasil yang dicapai ini mengindikasikan adanya hubungan positif yang cukup erat dan menunjukkan bahwa semakin tingginya minat baca buku IPS maka semakin tinggi prestasi belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul tahun ajaran 2011 – 2012. Kata kunci: Minat baca, Prestasi belajar IPS, Siswa kelas V