<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Efektivitas Pembelajaran Matematika\r\nKolaboratif dengan Strategi Worked Example Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan\r\nMasalah, Cognitive Load, dan Kemandirian Belaja"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi pengelompokan siswa \r\n(kolaboratif dan individual) dengan strategi pembelajaran (worked example dan problem\r\nsolving) pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring ditinjau dari\r\nkemampuan pemecahan masalah, cognitive load, dan kemandirian belajar. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian experimental posttest only design dengan\r\nmengambil populasi siswa SMP yang belum pernah mempelajari materi hubungan sudut \r\npusat, panjang busur, dan luas juring. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di \r\nkabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 3 kelas yang\r\ndipilih secara acak. Masing-masing kelas berjumlah 28 siswa, namun dikarenakan\r\nketidaklengkapan data dan jumlah kehadiran, hanya 64 siswa yang berperan sebagai\r\nsampel penelitian. Partisipan penelitian ini dibagi menjadi 4 kelompok yang dipilih secara\r\nacak dengan menggunakan desain eksperimen 2 (kolaboratif vs. individual) × 2 (worked\r\nexample vs. problem solving). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes\r\nkemampuan pemecahan masalah matematika, skala cognitive load, serta angket\r\nkemandirian belajar. Koefisien reliabilitas instrumen kemampuan pemecahan masalah\r\nsebesar 0,850. Sedangkan untuk koefisien reliabilitas instrumen kemandirian belajar\r\nadalah 0,845 dan nilai SEM adalah 7,341. \r\nHasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara\r\nstrategi worked example dan problem solving begitu juga kolaboratif dan individual\r\nditinjau dari segi kemampuan pemecahan masalah. Tidak ada efek interaksi antara\r\nstrategi pengelompokan dengan strategi pembelajaran. Pada cognitive load, tidak ada\r\nperbedaan signifikan antara strategi pengelompokan siswa kolaboratif dan individual.\r\nAkan tetapi ada perbedaan signifikan antara strategi worked example dan problem solving\r\ndimana hasil worked example mengaktifkan cognitive load lebih rendah. Terdapat efek\r\ninteraksi pada variabel cognitive load. Ketika siswa belajar secara individu mengaktifkan\r\ncognitive load lebih rendah dibanding secara kolaboratif dalam kedua strategi \r\npembelajaran. Pada kemandirian belajar, tidak ada perbedaan signifikan antara strategi\r\nworked example dan problem solving begitu juga kolaboratif dan individual. Tidak ada\r\nefek interaksi antara strategi pengelompokan siswa dengan strategi pembelajaran. Pada\r\nkemandirian belajar, tidak ada perbedaan antara strategi pengelompokan siswa\r\nkolaboratif dan individu begitu juga worked example dan problem solving. Tidak adanya\r\nefek interaksi antara strategi pengelompokan dengan strategi pembelajaran terhadap\r\nkemandirian belajar. \r\n\r\nKata Kunci:\r\n\r\nkolaboratif, worked example, kemampuan pemecahan masalah, \r\ncognitive load, kemandirian belajar"^^ . "2019-01-25" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Muhammad Ferry"^^ . "Irwansyah"^^ . "Muhammad Ferry Irwansyah"^^ . . . . . . "Efektivitas Pembelajaran Matematika\r\nKolaboratif dengan Strategi Worked Example Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan\r\nMasalah, Cognitive Load, dan Kemandirian Belaja (Text)"^^ . . . "Muh Ferry Irwansyah_15709251062_P. Mat.swf"^^ . . "HTML Summary of #64754 \n\nEfektivitas Pembelajaran Matematika \nKolaboratif dengan Strategi Worked Example Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan \nMasalah, Cognitive Load, dan Kemandirian Belaja\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pasca Sarjana" . .