TY - THES KW - Perangkat Pembelajaran KW - Inside Outside Circle KW - prestasi belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/64743/ Y1 - 2019/07/03/ PB - Univeritas Negeri Yogyakarta A1 - Swadana, Ardha Pramudita A1 - Istiyono, Edi ID - UNY64743 TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis Inside Outside Circle yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan (2) mengetahui besar peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Inside Outside Circle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4- D. Tahapan define merupakan tahapan awal untuk merumuskan permasalahan. Tahapan design adalah tahapan untuk pengumpulan referensi, penentuan format, dan pembuatan awal produk perangkat pembelajaran. Tahapan develop adalah tahapan pengembangan produk, meliputi validasi, revisi, uji coba terbatas, uji coba luas. Tahapan disseminate adalah tahapan paling terakhir untuk penelitian ini, yaitu berupa penyebarluasan produk akhir perangkat pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Ngaglik, SMA N 2 Sleman, dan SMA N 2 Ngaglik. Teknik analisis data instrumen dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan simpangan baku ideal dan V aiken. Analisis data kualitatif yaitu mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif dan menggunakan Uji Ancova serta GLM untuk uji efektifitas belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perangkat Pembelajaran berbasis Inside Outside Circle efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (2) Perangkat pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan peningkatan 0,46 pada standart gian. ER -